Ini Lho “6 Pendingin Ruangan Selain AC” dengan Harga Terjangkau Tapi Nggak Abal-abal! Berasa Pake AC!

Cuaca panas memang sering membuat banyak orang kelabakan. Mau melakukan kegiatan apa saja pasti rasanya malas. Karena bergerak sedikit saja keringat bisa bercucuran deras. Maka memasang AC di dalam ruangan, sudah menjadi solusi yang sering digunakan oleh sebagian orang. Dengan memasang AC, tidur bisa menjadi lebih nyaman dan beraktifitas juga lebih menyenangkan.

Namun, memang kenyataannya memasang AC tidak bisa dilakukan oleh semua orang. Karena harganya yang bisa dibilang paling murah sekitar 2 jutaan dan belum lagi harus memikirkan biaya tagihan listrik tiap bulan yang bertambah. Tapi jangan kuatir karena ternyata AC bukan lah satu-satunya solusi untuk menghindari cuaca panas di dalam ruangan.

Sponsored Ad

Yuk, tengok berikut ini ada 6 alternatif pendingin ruangan selain AC yang harganya cukup terjangkau. Penasaran?

1.Kipas angin

Sponsored Ad

Biasanya ini menjadi pilihan buat para anak kos yang budget-nya mepet. Tapi memang kipas angin bisa jadi alternatif yang tidak terlalu mengecewakan lah. Nggak cuma buat anak kos, tapi banyak juga rumah-rumah yang memilih kipas angin untuk menjadi pendingin ruangan. Kita bisa memilih berbagai ukuran, ada yang bisa diletakkan di atas meja, dipasang di dinding atau pun kipas angin yang modelnya berdiri tegak di tengah ruangan juga ada. Kelemahannya adalah, terkadang saat suhu panas maka angin yang dihasilkan juga menjadi hangat. Tapi masih bisa diatasi dengan nomor 2.  

Sponsored Ad

2.Cooling pack

Untuk menjawab masalah kipas angin yang mengeluarkan hawa panas, kita bisa memakai cooling pack. Kegunaannya dipasang di kipas angin setelah sebelumnya dibekukan dulu di dalam freezer selama kurang lebih 4 jam. Dijamin setelah itu, kipas anginmu bakal kerasa dingin kayak pakai AC!

Sponsored Ad

3.Air cooler

Yang jadi sekelas lebih canggih dari cooling pack tapi angin yang dihasilkan sudah seperti AC lho. Hanya saja, air cooler ini butuh ‘bahan bakar’ yaitu es batu. Nah, untuk kapasitas penampungannya pun berbeda-beda, kalau yang di bawah 10 liter pastinya harus siap bolak-balik buat mengisi ulang bahan bakar. Dengan kualitas hampir setara AC, benda ini sudah bisa kamu bawa pulang dengan harga 500 ribu hingga 2 jutaan rupiah saja lho.

4.Exhaust fan

Sponsored Ad

Kalau yang ini lebih mirip kipas angin. Biasanya dipasang di ventilasi atau atas jendela dan pintu rumah. Benda ini berfungsi menyerap udara panas di dalam ruangan. Bedanya dengan kipas angin, exhaust fan tidak memancarkan angin secara langsung ke tubuh.

5.Ventilating fan

Sponsored Ad

Harga dan bentuknya memang mirip dengan exhaust fan. Tapi yang ini punya fungsi yang lebih canggih lho. Nggak cuma menyerap panas di dalam ruangan, benda ini bisa menarik udara dari luar masuk ke dalam ruangan. Keren kan. Jadi, kita bisa merasakan sejuk segarnya hawa di luar sana.

6.Tananam hidup

Sponsored Ad

Yang terakhir ini tentu menjadi alternatif yang paling murah meriah. Cukup pelihara tanaman hidup di dalam rumah. Karena dengan adanya tanaman hijau ini bisa meningkatkan oksigen dalam ruangan, jadi bikin hawa lebih sejuk. Kamu hanya perlu menempatkan di sudut rumah yang strategis dan rajin menyiraminya ya. Sebaiknya pilih tanaman hijau dengan daun gelap karena bisa menyerap sinar matahari secara optimal. Nggak cuma tanaman dalam pot, tanaman rambat juga bisa bikin sejuk karena menyerap radiasi solar dan melepaskan uap air.

Nah, bagaimana? Sudah bisa memutuskan mau pakai pendingin ruangan model apa? Apa pun itu bebas lah ya, yang penting tidak membuat berat di kantong kita dan tetap bisa menikmatinya.


Sumber: Hipwee

Video rekomendasi: