Mengejutkan! TKI Ini Jadi "Kuli di Korea Selatan". Saat ia Membeberkan Rincian Gajinya, Netizen : "Lebih Tinggi Dari PNS di Indonesia!"

Pendaftaran CPNS 2017 gelombang II masih dibuka. Berbagai Warga Negara Indonesia yang ingin menjadi Pegawai Negeri Sipil pun berbondong-bondong mendaftar. Gaji besar, ditambah tunjangan, dan juga uang pensiun bisa jadi alasan banyaknya minat warga menjadi PNS.

Tentu saja alasan utamanya mungkin saja mengabdi pada Negara Republik Indonesia. Tapi, pernahkah kalian membayangkan pekerjaan dengan gaji besar tanpa menjadi PNS?

Pemilik akun YouTube Gokil Abis alias Bajindol menjelaskan pengalamannya menjadi Tenaga Kerja Indonesia (TKI). Bajindol merupakan TKI yang sempat viral di dunia maya karena salah satu video kocaknya. Di video itu, pria berambut blonde ini tampak naik roller coaster di Korea Selatan. Tapi, yang membuat kocak, Bajindol menggunakan campuran Bahasa Jawa dan Bahasa Korea Selatan medhok.

Sponsored Ad


Sampai-sampai orang Korea yang ada di sebelahnya jadi tertawa terbahak-bahak. Bajindol melalui akun YouTubenya mengunggah berbagai vlog tentang hidupnya di Korea Selatan. Dalam video berjudul "Pekerjaanku di Korea", Bajindol menjelaskan ia bekerja sebagai kuli.

 

Sponsored Ad

Pemilik nama asli Parindra Sidik Cahyono ini kesehariannya memindahkan tumpukan kaca ke atas mobil. Bajindol mengaku pekerjaannya memang berat, tapi ia menganggapnya sebagai fitness gratis. Banyaknya netizen yang bertanya tentang sistem gaji di sana membuat Bajindol mengunggah satu video lagi.

Video berjudul "Gajiannya Bajindol di Korea" itu menjelaskan tentang gajinya per bulan. Sekarang, lihat yuk rinciannya yang dijelaskan pria kelahiran 1992 ini!

Sponsored Ad


"Gaji pokok itu gaji UMR, semua Korea itu sama, gaji pokok 1.352.000."

"Upah lembur per jam nya saya 10.000, saya 6 jam 66.000."

Sponsored Ad

"Lainnya ini mengemudi, aku kan di sini bagian sopir guys, jadi aku dapat tambahan uang mengemudi 150.000."

"Tunjangan tahunan nggak ada. Jadi total semua 1.673.000. Ini total kotor ya guys."

Setelah menjelaskan tentang pemasukannya, Bajindol kemudian menjelaskan potongan-potongan gajinya. "Ada asuransi kesehatan nasional 45.000, asuransi 58.000. Asuransi pekerjaan dipotong, asuransi penduduk dipotong, total potongan 220.000."

Sponsored Ad

"Total gaji diterima 1.450.000."

Semua nominal itu masih berupa mata uang Won, sehingga jika dirupiahkan menjadi sekitar Rp 16.974.000. Bajindol lalu merinci pengeluarannya selama hidup di Korea Selatan hingga menjelaskan gaji bersihnya.

 


Sponsored Ad

"Gajianku 1.400.000, kalau makan enak sebulannya 300.000. Terus untuk bolak balik naik bus, sebulan 50.000 untuk mengisi kartu bus. Peralatan mandi dihitung aja 20.000. Lalu, biaya kuliah per semester 300.000, sebulannya dibuat 80.000 aja lah. Dikurangi semua jadi 980.000 Won. Ini sisanya."

"Belum lagi bayar WiFi, per orang 15.000, sisanya 965.000. Kalau dikurs ke Indonesia sekitar Rp 10 juta. Ini berkurang lagi untuk ini itu. Mungkin sisanya tinggal sekitar Rp 6 juta."

Wah, gimana menurut kalian guys? Besar nggak sih gaji segitu?

Lihat videonya di sini:

Video pekerjaan Bajindol:

Sumber: Tribun 

Kamu Mungkin Suka